Tentang Belajar-Aqidah

Islam adalah satu-satunya agama yang benar dan berlaku di alam semesta ini, inti pokok dari Islam adalah Aqidah. tetapi saat ini fenomena yang ada kebanyakan dari umat Islam sendiri jarang yang mengenal Aqidahnya sendiri yang harus dia yakini dan pegang erat hingga ajal dan nantinya akan dipertanggungjawabkan di hadapan Rabb-nya Allah azza wa jalla. Oleh karena itu, dalam blog ini insya Allah akan di isi dengan Aqidah Islam yang shahih sesuai dengan apa yang di ajarkan Rosulullah kepada para murid-murid beliau yaitu Shahabat Radliaallahu 'anhum ajmain. bukan Aqidah yang dibuat-buat oleh generasi sesudahnya yang menyimpang dari ajaran Nabi Shallallahu'alaihi wa salam. artikel-artikel tersebut kami ambil dari berbagai sumber yang shahih insya Allah dan bukan atas tulisan kami sendiri. kami bukan ustadz, kami hanyalah penuntut ilmu, oleh karena itu adalah sebuah adab bagi kami untuk merujuk segala sesuatu kepada sumbernya yaitu para 'ulama.

TAKUT GANGGUAN JIN?

Minggu, 07 November 2010
Tanya:
Ustadz, langsung saja mohon penjelasan ustadz tentang rasa takut terhadap gangguan Jin, apakah ini termasuk kesyirikan, ataukah sebagai perilaku normal?

Jawab:
Hal ini perlu dirinci, jika rasa takutnya normal dan alami maka hukumnya tidak mengapa. Maksud rasa takut alami adalah rasa takut, andai ditakut-takuti oleh jin. Ini bukan termasuk kemusyrikkan. Namun rasa takut yang alami itu harus memiliki faktor penyebab yang jelas. Oleh karena itu jika orang yang merasa takut kepada jin tanpa sebab apapun tapi hanya sekedar takut kepada jin tanpa alasan yang jelas mendasari rasa takut tersebut, maka tidak diragukan lagi bahwa ini termasuk syirik kecil, dan boleh jadi menjadi syirik besar tergantung keadaan. Rasa takut yang bernilai syirik besar, adalah rasa takut yang tersembunyi (siri) artinya, merasa takut andai jin menimpakan bahaya kepadanya dengan kemampuan jin tersebut, tanpa adanya faktor penyebab apapun. Padahal hal tersebut hanya mampu dilakukan oleh Allah Ta’ala.
Misalnya merasa takut, kalau jin itu akan membunuhnya tanpa sebab yang jelas, namun dengan sesuatu yang tersembunyi sebagaimana mati karena di takdirkan oleh Allah untuk meninggal maka ini adalah kesyirikan.

(lihat Syarah Kasyfu Syubhat, Syaikh Shalih Alu Syaikh hal 36)

Artikel www.ustadzaris.com

0 comments:

Posting Komentar